Puncak Rantemario (Latimojong), Puncak Tertinggi di Pulau Sulaweesi

seven summit indonesia


Puncak Rantemario (Latimojong), Puncak Tertinggi di Pulau Sulaweesi – Seven Summit selanjtunya berada di bagian utara Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang. Puncak Rantemario sendiri masuk ke dalam pegunungan Latimojong yang berada di ketinggian 3.430.

Rute paling populer untuk mendaki Rantemario adalah dari punggung barat. Dari arah Makassar. Jalur yang harus ditempuh dari Makasar menuju Desa Baraka sekitar 8 jam perjalanan. Setelah sampai di Desa Baraka, para pendaki menggunakan kendaraan jeep ke desa Karangan. 

Jalan menuju Karangan itu sendiri adalah sebuah petualangan. Jalan berlumpur sangat kasar, dan itu dibuat di tepi tebing. Tapi pemandangannya sangat menakjubkan. Lembah ini sangat dalam dan luas membuatnya megah. Dibutuhkan 4 jam sampai desa di belakang kabut, Karangan, terletak tepat di kaki gunung.

Dari Desa Karangan,  para pendaki bisa mulai pendakian dengan melalui perkebunan kopi sampai memasuki hutan ke awal punggungan. Setelah para pendaki berada di punggung bukit, itu adalah kenaikan curam sampai ke puncak bukit. Biasanya dibutuhkan 2 hari ke punggungan dari Karangan, tetapi juga dapat dilakukan dalam sehari. Dari puncak bukit ke puncak tidak terlalu jauh, padang rumputnya sangat indah.

Wilayah dari Pegunungan Latimojong dipenuhi dengan hutan tipe Montana. Tipe hutan Montana itu tumbuh di antara ketinggian 2.000 mdpl sampai 3.000 mdpl. Ciri khas yang tidak enak dari tipe hutan Montana adalah masih adalanya hewan-hewan liar, seperti babi hutan dan anoa.

Pegunungan Latimojong memiliki tujuh puncak, dan setiap puncak ada namanya sendiri. Adapun puncak tertinggi adalah Puncak Rantemario yang menjadi bagian dalam Seven Summit Indonesia. Puncak tertinggi kedua disebut Puncak Nenemori, kemudian Puncak Sinaji, Puncak Sikolong, Puncak Rante Kambola, Puncak Bajaja, dan yang terakhir adalah Puncak Latimojong.

Pegunungan Latimojong memiliki  tujuh pos peristirahatan yang bisa digunakan para pendaki untuk beristirahat atau mendirikan tenda sebelum mencapai Puncak Rantemario. Setelah melewati pos tujuh, vegetasi mulai berubah. Pohon-pohon tinggi mulai berkurang, sehingga pemandangan lebih jelas terlihat. 

Melewati pos tujuh, para pendaki akan menemui sebuah tanah lapang yang memiliki jalanan bercabang. Cabang ini mengarahkan para pendaki ke dua titik yang berbeda, yang satu menuju Puncak Rantemario dan satunya lagi menuju Puncak Nenemori. 

Jika telah tiba di Puncak Rantemario, para pendaki akan disuguhi pemandangan dari puncak-puncak lain yang menjadi bagian Pegunungan Latimojong. Sedangkan puncaknya sendiri ditandai dengan sebuah tugu triangulasi di tengah-tengah lahan yang cukup datar, bertuliskan Puncak Rantemario.

Demikianlah Gunung ke-5 dari seven summit Indonesia yang banyak diminati oleh para pendaki di Indonesia untuk bisa menginjakkan kakinya di setiap gunungnya. 


0 Response to "Puncak Rantemario (Latimojong), Puncak Tertinggi di Pulau Sulaweesi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel