Mengarungi Danau Toba Yang Menjadi Danau Terindah di Indonesia



Mengarungi Danau Toba Yang Menjadi Danau Terindah di Indonesia - Indonesia memang kaya akan tempat wisata yang indah, baik wisata itu berupa gunung, pantai, air terjun, dan danau-danaunya. Dari sekian banyaknya wisata yang Indonesia, ada satu wisata yang mempunyia keindahan yang luar biasa. Wisata ini berbentuk danau, yaitu Danau Toba.

Danau Toba merupakan danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Danau ini berada di Sumatera Utara dengan luas mencapai 1.145 kilometer persegi. Selain danau ini sangat luas, Danau Toba berada di ketinggian 900 mdpl. Jadi, udaranya pun sudah sangat sejuk. Ditambah kedalamannya sampai 450 meter yang menjadikan danau ini sebagai danau terdalam di dunia.

Rute menuju Danau Toba

Lokasi terdekat dengan Danau Toba yang bisa diakses dengan kendaraan adalah Kota Parapar Simalungun. Dari terminal Pinang Baris di Medan, Anda bisa naik bus jurusan kota Parapat. Perjalanan dari Medan menuju Kota Parapat bisa memakan waktu sekitar 6 jam. Dari Kota Parapat, Anda sudah bisa menyaksikan keindahan eksotis Danau Toba. 

Mengenal Pulau Samosir

Di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir sendiri juga memiliki dua danau kecil bernama Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Luas dari Pulau Samosir setara dengan luas negara Singapura. Dengan luasnya Pulau Samosir bukan menandakan kalau pulau ini kosong akan penghuninya. Pulau ini menjadi tempat tinggalnya suku Batak Samosir.



Di Pulau Samosir ada dua desa yang menjadi tempat favorit dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, desa itu bernama Tomok dan Tuktuk. Tomok merupakan desa yang memiliki banyak objek wisata menarik seperti Makan Raja Sudabutar, Museum Batal, dan pertunjukan tari boneka Sigale-gale yang populer di tengah kita. Sedangkan desa Tuktuk tidak memiliki banyak tempat wisata melainkan banyak penginapan untuk wisatawan yang mau menginap di Pulau Samosir.

Tak hanya Pulau Samosir yang menjadi daya tarik wisatawan untuk bermain di Danau Toba, Danau Toba juga dikelilingi oleh hutan pinus dan beberapa air terjun dan juga pemandian air hangat di dalam hutan. Pemandangan di sekililing danau ini sangat indah dengan udara yang relatif sangat sejuk sehingga Anda akan merasa betah untuk berlama-lama tinggal di sekitar Danau Toba.

Apa yang bisa dilakukan di Danau Toba

Mungkin Anda akan merasa kekurangan kalau hanya berlibur sehari saja di Danau Toba. Soalnya Danau Toba memiliki banyak hal yang menarik dan tak boleh terlewatkan saat berlibur di Danau Toba.

Berlayar

Hal yang tidak boleh ketinggalan ketika berlibur di Danau Toba adalah berlayar ke Pulau Samosir menggunakan kapal sewa. Dengan menyewa kapal untuk rombongan 20-25 orang dalam sehari, Anda bebas meminta berhenti di titik mana saja yang Anda dan rombongan ingin kunjungi.

Selama perjalanan dengan kapan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan Danau Toba dan sekelilingnya yang sangat menakjubkan. Pengalaman ini harus Anda abadikan melalui kamera agar suatu saat nanti Anda bisa mengenang bagaimana keindahan dari Danau Toba. Selain keindahannya, Anda juga akan melihat wisatawan lain yang sedang bermain banana boat dan jetski di danau.

Mengenal Sejarah Batak

Ketika Anda mengunjungi Pulau Samosir dan bermalam di sana, sebisa mungkin jangan diam di penginapan saja. Anda harus mengenal sejarah Batak dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah milik suku Batak.

Belanja

Tak lengkap rasanya jika berlibur dimanapun tanpa belanja. Di kawasan Danau Toba dan sekitarnya, Anda akan mendapati banyak toko suvenir yang menjual kain ulos, gitar khas batak, kaos, gantungan kunci, dan beraneka suvenir lainnya. Suvenir-suvenir ini akan Anda banyak temui di Pulau Samosir, Parapat, Balige, dan tempat-tempat lain sekitar Danau Toba. Pokoknya Anda harus menyiapkan dompet dengan tebal agar Anda bisa membawa semua jenis suvenir sebagai oleh-oleh dari Danau Toba.

Merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga bilamana bisa menikmnati keindahan Danau terindah yang dimiliki oleh Indonesia. Selain bisa menikmati keindahan, kita juga bisa belajar banyak dari suku Batak yang ada di Pulau Samosir.


0 Response to "Mengarungi Danau Toba Yang Menjadi Danau Terindah di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel