Keindahan Alun-Alun Surya Kencana Dengan Lanskap Bunga Edelweis

 

surya kencana, bunga edelweis, gunung gede, gunung pangrango

Keindahan Alun-Alun Surya Kencana Dengan Lanskap Bunga Edelweis – Alun-Alun Surya Kencana merupakan hamparan sabana dengan lanskap bunga edelweis. Saking banyaknya bunga edelweis di Alun-Alun surya kencana menjadikan tempat ini bak surganya Bunga Edelweis.

Alun-Alun Surya Kencana sendiri masuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dengan ketinggian 2750 mdpl dan memiliki luas sekitar 50 hektar dikelilingi dua gunung, yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Banyak orang mengenal Bunga Edelweis dengan sebutan bunga abadi yang hanya hidup di atas ketinggian 2000 mdpl. Sebab mengapa bunga edelweis disebut dengan bunga abadi adalah bunga akan lama layu dan mati selepas dipetik. TAPI INGAT.. DILARANG MEMETIK BUNGA EDELWEIS..!!!

Adapun musin terbaik untuk melihat keindahan Bunga Edelweis adalah di musim hujan, mulai dari bulan September hingga Desember. Hal itu karena di musim itulah cuaca-cuaca sangat sejuk.

Jarak antara alun-alun surya kencana dari Pos Cibodas berkisar 11,8 km dengan estimsai perjalan kurang lebih 8 jam perjalanan. Sebelum sampai kepada hamparan bunga edelweis, para pendaki akan berada di Puncak Gunung Gede bilamana melewatai jalur Cibodas. Beda halnya kalau melewati jalur Putri, pendaki akan sampai Alun-Alun Surya Kencana terlebih dahulu sebelum sampai ke Puncak Gunung Gede.

Alun-alun surya kencana dengan lanskap Bunga Edelweis menjadikan tempat ini sebagai favorit nge-camp bagi para pendaki, baik yang melewati jalur Cibodas maupun Putri. Alasannya adalah ingin melihat bunga abadi selepas membuka tenda, belum lagi jarak antara alun-alun surya kencana dengan puncak Gede hanya sekitar 1/2 jam. Para pendaki biasa melakukan pendakian menuju Puncak Gede selepas Shalat Subuh agar mendapatkan sunrise. 

Sungguh sebuah kenikmatan bisa melihat langsung Alun-Alun Surya Kencana dengan lanskap Bunga Edelweis. Sangat disayangkan kalo mendaki Gunung Gede atau Gunung Pangrango tidak menyempatkan nge-camp di Alun-Alun Surya Kencana


0 Response to "Keindahan Alun-Alun Surya Kencana Dengan Lanskap Bunga Edelweis"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel