Puncak Mahameru, Viral Gara-Gara Film 5 cm

seven summits indonesia


Puncak Mahameru Viral Gara-Gara Film 5 cm - Gunung Semeru sendiri mulai viral di awal-awal tahun 2013, karena adanya pembuatan film 5 cm. Film tersebut menceritakan enam sahabat yang sudah lama tak bertemu karena sibuk dengan urusan masa depannya. Setelah penantian panjang, akhirnya enam sahabat tersebut memutuskan untuk merayakan pertemannya di puncak Mahameru.

selepas film itulah, Punncak Mahameru semakin diminati oleh para pendaki. Karena dalam film tersebut, menceritakan keindahan yang disajikan oleh gunung dengan puncak tertinggi di Pulau Jawa.

Puncak tertinggi di Jawa

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).

Pendakian pertama Gunung Semeru

Orang pertama yang mendaki gunung ini adalah Clignet dan Winny Brigita (1838) seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda dari sebelah barat daya lewat Widodaren, selanjutnya Junhuhn (1945) seorang ahli botani berkebangsaan Belanda dari utara lewat gunung Ayek-ayek, gunung Inder-inder dan gunung Kepolo. Tahun 1911 Van Gogh dan Heim lewat lereng utara dan setelah 1945 umumnya pendakian dilakukan lewat lereng utara melalui Ranupane dan Ranu Kumbolo seperti sekarang ini.

Gunung berapi tertinggi ke-3 di Indonesia

Dengan status nya sebagai gunung berapi, menjadikan gunung semeru sebagai gunung berapi tertinggi ke-3 di Indonesia setelah Kerinci di Sumatera dan Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Gunung Semeru memiliki Kawah di puncak yang dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Menjadi lokasi shutting film 5 cm

Film 5 cm yanag diambil dari buku novel yang berjudul 5 cm memang mengambil latar belakang  Gunung Semeru. Akibatnya, setelah adanya penayangan film 5cm ini pada akhir tahun 2013, ada peningkatan pengunjung yang signifikan di Gunung Semeru. 

Memiliki banyak danau

Salah satu yang membuat para pendaki untuk dating ke Gunung Semeru ini adalah karena gunung ini memiliki banyak danau. Paling tidak ada 5 danau/ranu yang berada di jalur pendakian Gunung Semeru, yakni;

Ranu Kumbolo

Danau cantik yang berada di ketinggian 2.389 mdpl ini merupakan ikon Gunung Semeru. Ranu Kumbolo berada di jalur pendakian menuju puncak Mahameru, tepatnya setelah pos keempat. Luas ikon Gunung Semeru ini mencapai 15 hektare. Biasanya para pendaki akan singgah dan bermalam di danau yang sangat menawan ini. Selain bersantai-santai, kamu bisa menyaksikan kemegahan matahari terbit yang muncul dari balik bukit.

seven summits indonesia


Ranu pane

Danau ini berada di Desa Panupane masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di lereng Gunung Semeru. Bagi para pendaki, RAnu Pane ini merupakan gerbang awal yang menyajikan pemandangan indah sebelum pendakian.

Ranu Regulo

Danau ini juga masih berada di Desa Panupane, danau ini adalah danau terdekat dari pusat Desa Ranupane yang berada di ketinggian 2.100 mdpl. Jarak dari pusat desa hanya sekitar 2 km atau perjalanan selama 15 menit. Danau Regulo ini memiliki luas sekitar 0,75 hektar.

Ranu Tompe

Ranu Tompe adalah sebuah danau di kaki Gunung Semeru seluas 0,7 hektare dengan kedalaman sekitar 4,8 meter, menjadi danau eksotik dan terlindungi karena tak pernah dijamah manusia. Suku Tengger di sekitar lokasi juga mengenalnya sebagai Ranu Lus, Lus kependekan dari kata halus. Menurut kepercayaan Suku Tengger, Ranu Lus menjadi tempat tinggal makhluk halus.

Ranu Kuning 

Ranu Kuning sangat jarang, bahkan hampir tidak pernah terdengar di telinga para pendaki. Ranu Kuning diketahui adalah danau yang terbentuk dari air hujan dan mirip dengan Ranu Pani.Ranu ini terletaknya tidak jauh dari Kalimati. Danau indah ini jarang terdengar karena terletak di jaluk pendakian yang sulit.



0 Response to "Puncak Mahameru, Viral Gara-Gara Film 5 cm"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel