Mengunjungi Taman Nasional Komodo

pulau komodo, pulau rinca, pulau padar


Mengunjungi Taman Nasional Komodo - Pulau Komodo adalah salah satu dari 7 Keajaiban Dunia (hasil voting 2011).  Taman Nasional Komodo terdiri dari 3 pulau besar, Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, dan juga pulau-pulau kecil lainnya. Luas taman nasional ini secara keseluruhan adalah 1.817Km2. 

Pulau Komodo terletak di ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di pulau Komodo, hewan Komodo hidup dan berkembang biak dengan baik, menurut data, hingga pertengahan 2009, pulau ini dihuni sekitar 1300 ekor komodo (+/- 2500 ekor di semua Pulau di  TM. Komodo).  Komodo adalah species kadal terbesar di dunia, dengan panjang rata-rata 2-3 meter, dan berat tubuh sedikitnya 90Kg.

Taman Nasional Komodo yang terdiri dari pulau-pulau tentunya dipisahkan oleh laut. Kehidupan bawah laut di sini pun tak kalah indahnya. Anda dapat menemukan 385 spesies karang indah, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba,  6 macam paus, penyu hijau, berbagai jenis hiu, dan ikan pari.

pulau komodo, pulau rinca, pulau padar


Saat berada di sini, banyak hal yang bisa dilakukan. Oleh karena itu pastikan bahwa kaki Anda fit dan cukup kuat untuk berkeliling pulau ini. Di pulau ini Anda diajak untuk trekking mengikuti jalur yang telah dirancang dan aman. Di Pulau Komodo, Anda harus mendaki Gunung Ara setinggi 538 m di atas permukaan laut selama 3 atau 4 jam. Di Pulau Rinca, Anda harus melakukan trekking  selama 1,5 jam.

Jika anda beruntung, Anda dapat melihat komodo yang sedang menyerang mangsanya, berkelahi, atau sedang berjalan perlahan sepanjang jalan. So penasaran dengan pulau ini?  Berikut fakta yang wajib diketahui sebelum berkunjung ke Pulau Komodo.

Mengenal Komodo Raksasa

Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986.

Komodo terpanjang yang pernah tercatat adalah 3,13meter dengan bobot 166Kg. Memiliki 60 buah gigi yang bergerigi tajam sepanjang sekitar 2.5 cm, yang kerap digant. Air liur komodo sering kali bercampur sedikit darah karena giginya hampir seluruhnya dilapisi jaringan gingiva dan jaringan ini tercabik selama makan. Kondisi ini menciptakan lingkungan pertumbuhan yang ideal untuk bakteri mematikan yang hidup di mulut mereka.

pulau komodo, pulau rinca, pulau padar


Komodo jantan lebih besar daripada komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap sampai merah batu bata, sementara komodo betina lebih berwarna hijau buah zaitun, dan memiliki potongan kecil kuning pada tenggorokannya. Komodo muda lebih berwarna, dengan warna kuning, hijau dan putih pada latar belakang hitam. Bakteri yang paling mematikan di air liur komodo agaknya adalah bakteri Pasteurella multocida.

Musim kawin terjadi pada bulan Mei dan Agustus. Mengandung telur selama sebulan, dan telur akan menetas dalam tempo 7-8 bulan. Seekor komodo betina dapat bertelur hingga 13 butir.rikut fakta yang wajib diketahui sebelum berkunjung ke Pulau Komodo.

Lokasi Pulau Komodo

Jika Anda berasal dari  Jakarta,  harus transit di Bali terlebih dahulu. Dari Bali, perjalanan diteruskan menuju Labuan Bajo, sebuah kota kecil di barat laut Flores yang merupakan gerbang untuk menuju Pulau Komodo. Ada beberapa perusahan penerbangan yang melayani rute Denpasar-Labuan Bajo, dengan waktu perjalanan sekitar setengah jam.

Aturan dan Larangan

- Kalau bicara mengenai cuaca, suhu di tempat ini sangat panas dan lembab, oleh sebab itu pastikan kalian, para travelvers, membawa beberapa botol air minum supaya tidak dehidrasi alias kehausan.

- Jangan pergi sendirian. Lebih baik pergi bersama pemandu wisata atau petugas taman.

- Jangan mengganggu atau memberi makan komodo. Meskipun gerakannya lambat dan malas, hewan ini dapat tiba-tiba menjadi agresif dan bergerak dengan cepat.

- Ketika melakukan trekking, bawalah tongkat yang bercabang dua. Komodo biasanya takut jika digertak dengan tongkat.

- Pakailah sepatu. Pulau Komodo, Rinca, dan Pidar memiliki 12 jenis ular dan 3 di antaranya beracun, contohnya ular hijau yang hidup di pohon, Kobra, dan Russel’s Viper yang hidup di lubang tanah padang rumput savanna.

- Wanita yang sedang menstruasi harus melapor pada pemandu atau petugas pulau agar lebih diperhatikan. Komodo memiliki indra penciuman yang tajam dan dapat menjadi agresif jika mencium bau darah.

- Bawalah obat nyamuk atau gunakan lotion anti nyamuk.

- Kebanyakan tempat di Pulau Komodo dan Rinca adalah padang rumput savanna yang mudah terbakar pada saat musim kemarau, jadi dilarang merokok dan menyalakan api.

Itulah sedikit gambarang tentang Pulau Komodo. Bagi teman-teman yang hendak berlibur ke Pulau Komodo harap berhati-hati...!!!

sumber : yuktravel.com


0 Response to "Mengunjungi Taman Nasional Komodo"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel