Fenomena Blue Fire Kawah Ijen Hanya Ada Dua di Dunia

pegunungan ijen, penambang belerang


Blue Fire Kawah Ijen Hanya Ada Dua di Dunia – Bagi para pecinta alam mungkin sudah tidak asing lagi dengan fenomena Blue Fire yang ada di Pegunungan Ijen. Pasalnya fenomena Blue Fire sendiri hanya ada dua di dunia, salah satunya ada di Pegunungan Ijen.

Lokasi Kawah Ijen

Pegunungan Ijen sendiri masuk ke dalam dua wilayah kabupaten, kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Dengan keindahan alam dari Kawah Ijen, menjadikan dua kabupaten ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, bahkan mancanegara.

Kawah Ijen merupakan danau air asam yang sangat luas. Danau ini memiliki diameter 722 m dan luas 0,41 km persegi. Seperti dilansir oleh Global Volcanism Program Smithsonian Instution, danau ini merupakan danau air asam terbesar di dunia. kadar pH airnya sampai 0,13. Makanya jangan coba-coba berenang, bisa-bisa kulitnya terbakar.

Yang perlu diketahui bahwa Gunung Ijen ini merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif. Kawah gunung ini berada dalam ketinggian 2.368 Mdpl dan memiliki sumber belerang di dasar kawah. Sehinga bau belerang membuat para wisatawan sedikit susah untuk menghirup udara segar bila mendekati kawah tersebut.

Tarif Masuk Kawasan Gunung Ijen

Adapun tiket yang dibebankan untuk orang yang hendak menikmati keindahan kawah tidak terlalu mahal bagi warga Indonesia, hanya Rp5.000 di hari kerja dan Rp7.500 di hari libur. Berbeda dengan warga asing, mereka dikenakan biaya Rp100.000 di hari kerja dan Rp150.000 di hari libur.

Loket tiket masuk hanya dibuka dari pukul 01.00 dini hari sampai 12.00 siang. Mengapa hal ini dilakukan, karena para pengunjung hanya bisa melihat kecantikan Blue Fire di malam hari. Adapun saat langit cerah, nyala api semakin mengecil. Oleh sebab itulah, banyak para pendaki yang memulai pendakian dini hari.

Fenomena Blue Fire

Fenomena Blue Fire lah yang mengangkat destinasi Kawah Ijen ini. Memang Fenomena Blue Fire yang populer sekali di masyarakat Indonesia bahkan luar negeri. Pasalnya fenomena ini hanya ada dua di dunia. 

pegunungan ijen, penambang belerang


Untuk menikmati keindahan Blue Fire ini memang butuh namanya perjuangan. Bagaimana tidak, karena para pengunjung dituntut untuk bangun pagi-pagi dan sampai di lokasi sebelum fajar menyinsing. Oleh karena itu, para pengunjung diusahan sudah mulai berjalan dari Pos Paltudung pukul 01.00 dini hari, karena perjalanan menuju lokasi sekitar 2-3 jam perjalanan, tergantung fisik masing-masing.

Hal yang akan dijumpai oleh para pengunjung ketika melakukan perjalanan adalah taksi ijen dadakan (menurut warga lokal). Hal ini karena banyak para penambang belerang yang berubah profesi menjadi tukang gerobak yang bisa dinaiki oleh para pengunjung. Tarif yang dikenakan untuk pulang pergi sekitar 500-800 ribu, tergantung pintar tawar menawar aja.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa kawan ijen ada sumber belerang yang baunya sangat pekat. Menghindari asap beracung, para pengunjung disarankan untuk menggunakan masker yang dilengkapi oleh penyaring udaranya. Para pengunjung bisa membeli masker tersebut di Pos Paltuding maupun disekitaran area kawah.

Selain keindahan dari Blue Fire, tidak sedikit para pengunjung menanti pagi datang untuk melihat keindahan dari sunrise dari Kawah Ijen. Bila tidak ada kabut, sungguh sangat fenomenal keindahan alamnya.

Penambang Belerang

Menikmati keindahn alam di Kawah Ijen memang menjadi tujuan para pengunjung berkunjung ke sana. Namun, cobalah untuk melihat kondisi para penambang belerang di sekitar lokasi. Melihat bagaimana perjuangan mereka demi memenuhi kebutuhan anak dan istri di rumah. Jika mereka tak sibuk, cobalah untuk menyapa dan berinteraksi. insyaAllah mereka mau menerima komunikasi dari para pengunjung.

Itulah sedikit gambaran mengenai fenomena Blue Fire Kawah Ijen yang hanya ada dua di dunia. ini menjadi suatu kebanggaan bagi warga Indonesia karena memiliki keindahan alam yang tidak semua negara memilikinya. Bentuk apresiasinya adalah dengan mengunjunginya. Bahkan, bagi para pecinta alam selayaknya untuk coba melihat keindahan alam yang disajikan oleh Blue Fire Kawah Ijen. 


0 Response to "Fenomena Blue Fire Kawah Ijen Hanya Ada Dua di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel