Fakta Menarik Nasi Padang, Dibungkus Porsinya Lebih Banyak

nasi padang bungkus


Fakta Menarik Nasi Padang, Dibungkus Porsinya Lebih Banyak
– Nasi padang sudah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Hampir setiap penjuru daerah ada restoran padang, dengan berbagai macam namanya hingga menunya. Bahkan masakan padang sudah sampai mendunia. Kali ini sahabatkelana.com akan memberikan beberapa fakta menarik tentang masakan khas Kota Padang ini.

Sejarah Penyebutan Nasi Padang

Sudah layaknya fakta menarik adalah berkenaan tentag sejarah penyebutan nasi padang. Nasi Padang sendiri merupakan sebutan bagi makanan khas Minangkabau. Dimana masakan tersebut dibeli dari restorang yang dimiliki dan dikelola oleh orang Minangkabau sendiri. Rumah makan inilah yang lebih dikenal dengan Rumah Makan Padang.

Penyebutan Rumah Makan Padang sendiri mulai familiar pada akhir tahun 1960-an. Adapaun kata Padang adalah bagian dari perubahan identitas yang dilakukan oleh orang Minangkabau saat itu. Hal ini dilakukan karena adanya pemberontakan yang dilakukan oleh Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) di Sumatera Barat kala itu. 

Setelah peristiwa itu, para masyarakat berimigrasi ke berbagai penjuru daerah di Indonesia, termasuk juga Pulau Jawa. Dengan penyebaran itulah, nasi padang sudah tersebar di berbagai penjuru negeri Indonesia

Menu-Menu yang Tersedia di Masakan Nasi Padang

Berbicara menu yang disediakan di setiap Rumah Makan Padang tentu berbeda dengan Rumah Makan Padang yang lainnya. Fakta menariknya, ada menu khusus yang harus ada di setiap Rumah Makan Padang, yaitu Rendang. 

nasi padang bungkus


Rendang memang menjadi ciri khas akan masakan padang. Bahkan, dalam sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2017, icon Nasi Padang yaitu Rendang menduduki makanan ter-enak di dunia. Luar biasa bukan.

Sebenarnya, rendang itu tidak harus diidentik dengan namanya daging. Orang Minangkabau memandang rendang itu sebuah teknik untuk mengawetkan makanan yang tidak Cuma daging, tapi bisa juga ikan, tempe, tahu, dan sebagainya. Berbeda dengan orang selain Minangkabu, memandang rendang itu yaa harus ada dagingnya.

Namun tanpa disangka bahwa citarasa masakan padang yang ada di Padang jauh lebih kerasa akan bumbu-bumbunya ketimmbang masakan padang yang ada di selain kota Padang. Entah mengapa hal itu terjadi.

Nasi Padang Bungkus Lebih Banyak Porsinya

Tentu para penggemar masakan padang sudah tau jelas mengapa ketika nasi padang dibungkus jauh lebih banyak porsinya ketimbang makan di tempat. 

Berdasarkan laporan orang Mingkabau, adanya porsi lebih dalam nasi padang bungkus sebagai bentuk penghargaan bagi pembeli nasi padang yang dibungkus, karena telah mengurangi pekerjaan pemilik kedai, seperti mencuci piring. Selain itu, karena orang Minangkabau sangat memperhatikan akan friendly, menghargai para pembelinya.

Lokasi Rumah Makan Padang Terjauh

Ternyata masakan padang sudah ada di beberapa berbagai negara asing. Di negara amerika saja ada tiga masakan padang asli orang Minangkabau. Seperti di Indo Café, San Fransisco, kemudian di Simpang Asia, Los Angeles, dan di Upi Jaya, New York. Hal ini tentunya karena tersebarnya orang Minankabau di berbagai negara dengan membawa keahlian dalam memasaknya.

Rumah Makan Padang Tidak Ada Di Padang

Fakta menarik selanjutnya yaitu tidak adanya Rumah Makan Padang di Kota Padang. Hal yang aneh bukan, kalau Rumah Makan Padang tidak ada di kota asalnya yaitu Padang Sumatera Barat. Mengapa hal itu terjadi? Karena masyarakat Padang cukup membeli jenis makanan yang dijual, tanpa menyebutkan kalau itu sebagai Rumah Makan Padang.

Lagu Nasi Padang

Mungkin para penggemar lebih mengenal akan Goyang Nasi Padang yang dipopulerkan oleh warganet Indonesia. Ternyata jauh sebelum itu, youtuber asal Norwegia bernama Audun ‘Kvitland” sudah menciptakan lagu berjudul Nasi Padang di tahun 2016 silam.

Hal itu dilakukannya karena begitu dirinya menyukai akan kelezatan makanan khas kota Padang ini. Ini menjadi bukti bahwa nasi padang tidak hanya populer di tanah Indonesia, bahkan penjuru dunia. 

Itulah beberapa Fakta Menarik Nasi Padang yang seharusnya diketahui oleh para pecinta masakan khas Kota Padang Sumatera Barat. Jikalau sahabat-sahabat berkelana di berbagai penjuru negeri, disarankan untuk menyantap Nasi Padang sebagai bekal perjalanan. Kalau mau banyak porsinya, lebih baik Nasi Padang Bungkus aja.


0 Response to "Fakta Menarik Nasi Padang, Dibungkus Porsinya Lebih Banyak "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel