Tips dan Trik Berkelana Dengan Sepeda

berkelana dengan sepeda, tips dan trik


Tips dan Trik Berkelana Dengan Sepeda – Makna dari berkelana adalah keluar dari daerah tempat tinggal. Banyak cara yang bisa digunakan untuk merealisasikan aktivitas berkelana, salah satunya dengan bersepeda. Apalagi pendemi Covid-19 mengakibatkan trend bersepeda semakin marak di kalangan masyarakat. Dengan itulah kami sahabatkelana.com akan memberikan tips dan trik berkelana dengan sepeda.

Tips dan Trik Berkelana Dengan Sepeda


1. Atur posisi sadel


Mengatur posisi sadel dapat dilakukan dengan mengatur ketinggian sadel menyesuaikan  agar ketika salah satu kaki berada di bawah dapat lurus secara sempurna. Hal ini bertujuan agar kaki tidak mudah keram terutama saat perjalanan jauh.

2. Memakai helm


Ini merupakan hal urgen yang sering sekali di anggap sepele oleh mayoritas orang, baik dengan alasan tidak punya uang untuk membeli helm atau bahkan cuman sekadar malas membeli helm. Padahal helm ini memiliki fungsi yang sangat urgen sekali yaitu sebagai pelindung kepala di saat kita jatuh.

berkelana dengan sepeda, tips dan trik


3. Atur transisi gigi


Menyesuaikan gigi dengan medan termasuk hal yang penting untuk diperhatikan, terutama saat bersepeda jarak jauh. Teknik menyesuaikan gigi sepeda sama dengan transisi gigi motor manual, yaitu dengan mengurangi gigi saat berada di tanjakan dan menambah gigi saat di medan landai ataupun turunan. Hal yang perlu diperhatikan saat menaikan atau menurunkan gigi adalah dengan memasukan gigi nya satu persatu.

4. Gunakan jalur sepeda


Karena bersepeda sudah menjadi trend, banyak pemkot atau pemda yang mulai membangun jalur sepeda terutama di jalan-jalan perkotaan. Salah satu fungsi di bangun nya jalan khusus pesepeda adalah agar pesepeda tidak sembarangan menggunakan trotoar atau bahkan bersepeda di tengah jalan raya. Untuk jalan yang tidak ada jalur khusus sepeda bisa memilih di pinggir jalan saja, agar tidak membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

5. Hindari penggunaan earphone


Menggunakan earphone saat berkendara memang saat berbahaya, apalagi saat mengendarai sepeda. Sudah banyak kasus kecelakaan yang memang disebabkan oleh pengendara yang menggunakan earphone, baik itu pengendara mobil, motor, maupun sepeda. 

6. Kurangi ngobrol saat berkendara


Ngobrol dengan teman memang sangat mengasyikan,tapi sebisa mungkin dihindari ketika berkendara, karena bisa mengganggu konsentrasi kita dalam berkendara. Kalau memang ada hal harus dibicarakan dan itu memakan waktu yang lama seperti menentukan tujuan kita selanjutnya, lebih baik berhenti dulu sembari beristirahat.



7. Menggunakan lampu sepeda


Memakai lampu sangat penting bagi para goweser yang mengendarai sepeda hingga malam hari. Lampu ini berfungsi sebagai penerang jalan atau bisa juga sebagai penanda bagi pengendara lain. Hal ini menjadi sangat prioritas pengendara sepeda ketika bersepeda sampai malam hari.

Mungkin itu Tips dan Trik berkelana dengan bersepeda dari sahabatkelana.com. Semoga dengan tips dan trik ini membatu para pengendara sepeda untuk menciptakan bersepeda yang aman dan nyaman. kalo sobat sekalian ada tips and triks lagi selain yang sudah di sebut di atas silakan koment aja di kolom komentar.

0 Response to "Tips dan Trik Berkelana Dengan Sepeda"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel