Seven Summit Indonesia

Seven Summit Indonesia - Pada dasarnya Seven Summits Indonesia bukanlah 7 puncak tertinggi di Indonesia, melainkan Puncak tertinggi di masing-masing pulau besar dan gugusan pulau di Indonesia. Karena masih banyak puncak lain di Indonesia yang memiliki tinggi lebih dari ke-7 puncak tersebut seperti, Pangarango 3.019 di Jawa Barat, ciremai 3.078 di Jawa Barat, Slamet 3.428 di Jawa Tengah, Sumbing di Jawa Tengah. Apa saja ke-7 puncak tersebut? 

Berikut adalah Seven Summit Indonesia


1. Puncak jaya – Papua 


seven summit indonesia, gunung jayawijaya


Puncak Jaya atau yang lebih dikenal dengan Puncak Cartenz adalah puncak tertinggi di Indonesia yang berada di Papua. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 mdpl, dengan ketinggian tersebut menjadikan puncak Jaya satu-satunya gunung yang memiliki gletser di daerah tropis

2. Puncak indrapura – Sumatra 




Dengan ketinggian 3.805 mdpl menjadikan  Indrapura puncak tertinggi di Sumatra. Puncak Indrapura yang berada di gunung Kerinci memiliki 2 titik awal keberangkatan, yaitu Jambi dan Padang. Puncak Indrapura memiliki suhu udara berkisar 5 hingga 10 derajat Celcius pada musim kemarau. 

3. Puncak rinjani – Nusa Tenggara Barat 




Puncak Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl, dengan ketinggian nya menjadikannya sebagai gunung berapi tertinggi ke-2 setelah puncak indrapura di Sumatra. Di puncak  yang berada di Nusa Tenggara Barat ini kita bisa melihat pemandangan ‘Segara Anak’, oleh karena keindahannya menjadikan ‘Segara Anak’ dimasukkan ke dalam gambar mata uang Rp.10.000 tahun 1998.

4. Puncak Mahameru – Jawa 




Puncak yang pernah dijadikan lokasi syuting film ‘5 cm’ ini berada di gunung Semeru, Jawa Timur. Dengan ketinggian 3.676 mdpl menjadikan Mahameru sebagi puncak tertinggi di pulau Jawa. Di jalur pendakian gunung semeru ini mempunyai sebuah danau yang begitu terkenal yakni danau Ranu Kumbolo, danau yang terletak di ketinggian 2.400 mdpl memiliki pesona keindahan yang dapat menghilangkan penat selama pendakian.

5. Puncak Rantemario – Sulawesi


seven summit indonesia, gunung latimojong


Puncak yang berada di Pulau Sulawesi ini memiliki ketinggian 3.478 mdpl. Puncak Rantemario ini masih berada di wilayah Pegunungan Latimojong yang memang pegunungan ini memiliki banyak puncak yang berada di atas 3000 mdpl. 

6. Puncak binaiya – Maluku


seven summit indonesia, gunung latimojong

 

Puncak binaiya yang merupakan puncak tertinggi di Pulau Maluku ini memiliki ketinggian 3.027 mdpl. Gunung yang konon memiliki jalur pendakian yang ekstrem ini merupakan gunung non aktif yang berada di Pulau Seram, Maluku. Diperlukan waktu yang lama hanya untuk mencapai kaki gunung, belom lagi waktu pendakian yang cukup lama ditambah jalur yang ekstrem membuat puncak ini susah di taklukan.

7. Puncak Bukit raya – Kalimantan 



Puncak Bukit Raya memiliki ketinggian 2.278 mdpl, puncak ini berada di wilayah pegunungan Muller Schwaner, Kalimantan. Sebenernya gunung ini bukan gunung tertinggi di Kalimantan, karena masih ada gunung kinabalu yang berada di bawah kedaulatan Malaysia. 

Itulah seven summit di Indonesia. Sebagai pendaki gunung Indonesia raya menjadi tantangan dan acuan untuk bisa menaklukan 7 gunung di atas. Nantikan terus penjelasan lebih lengkapnya berkenaan dengan 7 gunung di atas hanya di sahabatkelana.com

0 Response to "Seven Summit Indonesia"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel