Kue Odading, Makanan Khas Bandung Yang Viral di Media Sosial


Kue Odading, Makanan Khas Bandung Yang Viral di Media Sosial


Kue Odading, Makanan Khas Bandung Yang Viral di Media Sosial – Media sosial Indonesia dihebohkan dengan video warganet di Twitter dengan akun @kencrotawn, yang mengulas kue Odading Mang Sholeh. Warganet pun sangat antusial menyambut kue viral ini di media sosial, buktinya kue odading masuk trending nomor 1 di Twitter.


Semua itu berawal dari video di Instagram dengan akun @mangoleh-odading yang me-rivew makanan tersebut. Dalam videonya dia menuturkan, “Odading Mang Oleh rasanya an**ng banget seperti anda menjadi Iron Men”. 

Lokasi dan Harga Jual Kue Odading


Kue odading Mang Sholeh sendiri berada di dekat Gedung Kesenian Rumentang Siang, Kota Bandung. Berkat video viral tersebut, para pengunjung pun beramai-ramai mendatangi warung penjual kue odading karena penasaran dengan citarasa yang diberikan makanan khas Bandung ini. Warung tersebut sudah berdiri sejak tahun 1987 silam.



Harga yang dibenderol untuk kue odading sangat murah, hanya Rp.1500/kue.  Kue odading mempunyai ciri khas yang lembut, manis dan bisa mengeyangkan. Kue ini sangat cocok bila disantap di pagi hari ditemani secangkir kopi hangat.

Asal-Muasal Kue Odading 


Kue odading sendiri berasal dari tanah Sunda. Dan Sebenarnnya, makanan ini ada di banyak daerah, mungkin penyebutannya saja yang berbeda. Kalau di jawa tengah, kue ini biasa disebut dengan Bolang-Baling. Adapun di Jakarta, kue ini lebih dikenal warga Jakarta dengan sebutan kue bantal atau roti goreng.

Untuk masalah asal mula penyebutan “Odading”, belum ada sumber yang jelas darimana penyebutan tersebut. Hanya saja dari beberapa sumber, asal mula penyebutan Odading berasal dari kejadian seorang anak Belanda yang hendak membeli makanan yang dijual dipinggir jalan. Lantas anak tersebut hanya bisa menunjuk-nunjuk ke arah kue tersebut. Kemudian ibu dari anak tersebut berkata dalam bahasa Belanda “o, dat ding” yang artinya “oh, yang itu”. 

Nah, kami sahabatkelana.com ingin memberikan resep dan cara membuat kue odading di rumah lhoo. Jadi bagi teman-teman yang jauh dari Kota Bandung bisa membuat kue odading sendiri dirumah.

Resep Pembuatan Kue Odading


Bahan-Bahan:

- 250 gram tepung terigu
- 1 butir telor
- 5 sendok gula pasir
- Sdt garam
- 1 sendok ragi instan
- 1 bungkus susu bubuk
- 100 ml air hangat
- 500 ml minyak goreng

Langkah pembuatan:

1. Langkah pertama, buat bahan keringnya dulu. Campur tepung terigu, garam, dan susu bubuk. Aduk semua bahan tadi hingga merata, kemudian sisihkan.
2. Lepas itu, buat adonan basahnya. Masukan ir hanya 100 ml, gula pasir dan ragi. Setelah dicampur bahan basahnya, diamkan sekitar 5 menit.
3. Kemudian, kocok telur dan masukan ke dalam adonan basah tadi.
4. Setelah adonan basah sudah, masukan adonan basah ke dalam adonan kering. Aduk secara rata dan diulen terus hingga 10 menit.
5. Setelah bahan tercampur dan sudah diulen, diamkan selama 10 menit dan tutup dengan kain yang lembab.
6. Langkah terakhir, siapkan minyak goreng panas. Goreng adonan yang sudah siap, digoreng dengan api yang kecil.
7. Kue odading sudah siap disantap

Kue Odading, Makanan Khas Bandung Yang Viral di Media Sosial


Sebenarnya, cara pembuatan odading bisa dimodifikasi lhoo. Masyarakat Bandung biasanya membuat kue odading dengan bahan dasar, seperti pengembang kue, soda kue, mentega. Untuk mencapai hasil yang sempurna, para ibu-ibu yang ingin membuat kue odading ini harus memperhatikan kualitas raginya, proses menguleni, serta cara menggoreng yang benar. Agar citarasa sempurna, diharapkan untuk menggoreng dengan minyak yang banyak agar kue bagian luar renyah dan lembut bagian dalamnya.

Selamat mencoba…!!!


0 Response to "Kue Odading, Makanan Khas Bandung Yang Viral di Media Sosial"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel