Jalur Pendakian Gunung Dempo via Rimau

gunung dempo via rimau

Halo sahabat kelana, sudah seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwa Gunung Dempo memiliki dua jalur pendakian agar sampai ke Puncak Dempo, jalur pendakian via Kampung VI dan via Rimau. Kali ini kami akan memberikan sedikit gambaran jalur pendakian Gunung Dempo 3159 mdpl via Rimau.

Jalur Pendakian Dempo 3159 MDPL via Rimau


Jalur pendakian via Rimau hanya membutuhkan estimasi pendakian selama 8 jam, berbeda dengan jalur via Kampung IV yang bisa ditempuh sampai 10 jam. Dari situlah banyak para pendaki yang memilih melewati jalur ini ketimbang jalur via Kampung IV.

Pintu Pendakian – Shelter 1


Sama seperti jalur via Kampung IV. Selepas melakukan pendafataran menuju pintu rimba, para pengunjung akan disambut dengan hamparan perkebunan teh yang terbentang luas dengan udara yang sudah mulai sejuk.



Ketika para pendaki sudah masuk pintu rimba, para pendaki akan langsung merasakan medan pendakian yang menanjak tanpa dikasih ampun. Hutan pegunung yang tropis mirip dengan hutan di Gunung Pangrango. Dengan akar-akar besar menjular ke daratang yang dapat digunakan untuk berpegangan saat tanjakan sadis nan ekstrem.

Shelter 1 – Shelter 2


Masih dengan jalur pendakian yang sama menuju shelter 2, dan memerlukan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Para pendaki akan merasakan jalur pendakian cadas yang dapat merusak mental dan sedikit-sedikit menghentikan langkah kaki lantaran frustasi.

Shelter 2 hanya sebuah tanah datar yang tidak terlalu luas. Di shelter 2 ini para pendaki bisa mendirikan tenda dengan kapasitas yang tidak terlalu banyak. Hal itu menyebabkan banyak pendaki yang memilih shelter ini hanya untuk persinggahan sejenak dan menyantap makan siang, yang kemudian melanjutkan perjalanan.

Shelter 2 – Puncak Dempo - Pelataran


Selepas istirahat sejenak sambil menyantap makan siang, para pendaki akan melanjutkan perjalan menuju puncak Dempo pertama. Perjalanan menuju puncak, para pendaki akan melewati shelter 3 dan 4 yang jalur pendakiannya tidak jauh beda dengan sebelumnya. Namun dibalik jalur yang curam dan kejam, Gunung Dempo akan memberikan keindahan alam yang eksotis di setiap perjalanan. Karena keindahan alamnya lah, semangat para pendaki akan tempompa lagi. Rasa capek perjalanan akan terbalaskan dengan keindahan alamnya. Belum lagi ketika sampai puncak Merapi Dempo.



Sama seperti postingan sebelumnya bahwa Gunug dempo memiliki dua Puncak, Puncak pertama dengan lahan yang tidak terlalu luas dan Puncak Merapi. Selepas merasakan berada di puncak pertama, para pendaki akan melanjutkan perjalanan menuju pelataran Gunung Dempi untuk mendirikan tenda dan bermalam di sana.

Di pelataran inilah, para pendaki melepas lelah yang dirasakan selama pendakian. Ada mata air juga di pelataran Gunung Dempo yang bisa digunakan untuk memasak buat santap malam. Banyak para pendaki untuk istirahat lebih cepat karena esok pagi selepas shalat subuh akan melanjutkan perjalan menuju Top Merapi. 

Pelataran – Top Merapi


Jarak pendakian dari pelataran menuju Top Merapi hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam. Di sepanjang perjalanan, lahan terbukan luas hanya pepohon kecil yang tumbuh. Hal itu akan menambah rasa semangat karena Top merapi akan senantiasa terlihat.

gunung dempo via rimau


Setibanya di Top Merapi, para pendaki akan disuguhkan dengan kawah Gunung Dempo dengan perpaduan terbitnya matahari akan menambah keindahan mata yang membuat berlinanglah air mata. Kawah ini bisa berubah warna tergantung waktu dan cuaca Gunung Dempo. Meskipun warnanya berubah-ubah, keindahan kawan tetap eksotis. Namun, para pendaki tidak bisa berlama-lama di Top Merapi karena suhu semakin dingin dan telinga bisa saja merasakan sakit.

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Dempo via Rimau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel