Gunung Rinjani Dengan Keindahan Kaldera Segara Anak

gunung rinjani, kaldera segara anak


Gunung Rinjani Dengan Keindahan Kaldera Segara Anak – Gunung Rinjani masuk dalam daftar Seven Summit Indonesia. Gunung ini mempunyai ciri khas dengan keindahan kalderanya, yang dinamakan Segara Anak. Kaldera ini tempatnya para pendaki mendirikan tenda sambil menikmati hamparan air yang jernih.

Gunung Rinjani sendiri memiliki tinggi 3.726 mdpl, dan merupakan Puncak tertinggi di Nusa Tenggara Barat. Gunung ini berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Salah satu 7 Summit Indonesia


Oleh karena Rinjani adalah puncak tertinggi di NTB, menjadikan nya termasuk dari bagian dari 7 Summit Indonesia ke-3 setelah Puncak Jaya di Papua dan Indrapura di Sumatera. Meskipun sebutan 7 Summit Indonesia tidak resmi dan hanya sebuah gagasan seorang pegiat alam bernama Hendri Agustin yang terinspirasi dari World 7 Summit, tapi sebutan 7 Summit Indonesia ini sudah begitu popular di kalangan pegiat alam di Indonesia maupun di luar negeri.

Kaldera Segara Anak


Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m * 4.800 m, memanjang kea rah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. air yang mengalir dari Segara Anak ini membentuk air terjun yang sangat indah. Bahkan, karena keindahannya foto Segara Anak ini di jadikan gambar salah satu pecahan Rp.10.000 tahun 1998.

gunung rinjani, kaldera segara anak


Masuk Anggota Global geopark


Dalam pertemuan Dewan Global Geopark UNESCO I di Torquay, Inggris pada 24 Agustus 2016, badan PBB untuk pendidikan, pengetahuan dan kebudayaan UNESCO memasukan nama Gunung Rinjani dalam daftar permohonan penetapan status sebagai Taman Bumi Global atau Global Geopark. Gunung Rinjani masuk dalam daftar 18 permohonan baru status Taman Bumi Global. Lalu pada tahun 2018 Gunung Rinjani Resmi menjadi salah satu anggota Global Geopark.

Mendapat banyak prestasi


Gunung Rinjani juga banyak mendapat prestasi. Gunung Rinjani berhasil menyabet beberapa penghargaan kategori tempat wisata berbasis ekologi dan masyarakat. Penghargaan dunia yang telah diterima Gunung Rinjani yakni World Legacy Award untuk kategori Destination Stewardship dari Conservation International and National Geographic Traveler pada tahun 2004. Pada tahun 2005 TNGR masuk menjadi 3 besar Tourism for Tommorow Award kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council. Sedangkan pada tahun 2007 menjadi finalis Tourism for Tomorrow Award. Selain serentetan penghargaan itu, Gunung Rinjani menjadi gunung dengan tata kelola terbaik di Asia Tenggara.

gunung rinjani, kaldera segara anak


Kerukunan antara umat islam dengan umat hindu di Segara Anak


Gunung Rinjani juga melambangkan perwujudan kerukunan antar umat beragama. Khususnya umat Hindu Lombok dan Islam Watu Telu. Kedua umat tersebut sangat menyakralkan Danau Segara Anak. Terkadang, umat Islam Watu Telu berdoa di Danau Segara Anak pada saat purnama. Sedangkan bagi umat Hindu, mereka melakukan ritual Mulam Pakelem dengan cara melarungkan persembahan di Danau Segara Anak. Ritual ini bertujuan untuk keharmonisan alam semesta.

Itulah gunung ketiga dari perjalanan kita menuju seven summit indonesia. Yang harus dilakukan ketika mendaki gunung rinjani adalah berfoto dengan background keindahan kalderanya, segara anak. Nantikan terus update seven summit indonesia hanya di sahabatkelana.com. SALAM LESTARI...

0 Response to "Gunung Rinjani Dengan Keindahan Kaldera Segara Anak"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel