Gunung Cartenz, Seven Summit World Yang Ada dI Indonesia

Gunung Cartenz, Seven Summit World in Indonesian



Gunung Cartenz, Seven Summit World Yang Ada DI Indonesia – Gunung Cartenz merupakan salah satu seven summit dunia yang berada di negara Indonesia. Gunung ini berada di Provinsi Papua, tepatnya di pegunungan Barisan Sudirman JayaWijaya. Gunung Cartenz memiliki ketinggian 4.884 mdpl dan menjadi Gunung Tertinggi di Indonesia.

Gunung Cartenz Memiliki Banyak Nama


Pada awalnya Gunung Cartenz ditemukan oleh penjelajah belanda yang bernama Jan Cartenszoon puncak ini diberi nama Piramida Cartensz pada tahun 1623. Namun, walaupun puncak Cartensz sudah di temukan pada tahun 1623, belum ada satu pendaki pun yang mencapai puncak tertinggi Cartesz. Baru, pada tahun 1909 seorang penjelajah belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz dengan enam orang suku Kenyah yang direkrut dari Apau Kayan di Kalimantan Utara, berhasil mencapai puncak tertinggi Cartensz. Dengan peristiwa itu, pada tahun 1919 didirikan Taman Nasional Lorentz sebagai bentuk penghargaan kepada Hendrikus Albertus Lorentz.

Kemudian pada tahun 1963 disaat kepemimpinan Soekarno, Puncak Cartensz resmi berganti nama menjadi Puncak Soekarno. Akan tetapi karena banyak desakan-desakan politik nama Puncak Soekarno tidak berlangsung lama, dan berubah lagi menjadi Puncak Jaya atau sering di sebut juga Jayawijaya hingga saat ini.

Gunung Cartenz, Seven Summit World in Indonesian


Satu-Satunya Puncak di Indonesia Yang Memiliki Gletser


Dengan ketinggian 4.884 mdpl menjadikan suhu di puncak jaya mencapai 0 derajat celcius. Selain itu , ketinggiannya juga mengakibatkan kadar oksigen di puncak jaya semakin rendah. Jadi tidak heran apabila puncak jaya atau yang sering di sebut puncak cartenz ini memiliki gletser (bongkahan es atau sering disebut salju abadi), dan merupakan satu-satunya puncak di Indonesia yang memiliki salju.

Gunung Cartenz Masuk ke Dalam Daftar 7 Summit Dunia


Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Puncak Jaya masuk dalam 7 summit dunia, meskipun ketetapan ini masih dalam perdebatan. Pasalnya awal mula pencetusan 7 Summit world oleh Dick Bass, yang termasuk daftar ke-7 seven summit world adalah gunung Kosciuzko di Austraulia. Sedangkan menurut Reinhold Messner, seorang pendaki solo pertama di Puncak Everest, mencetuskan bahwa yang lebih pantas mendapatkan julukan Seven Summit world ke-7 adalah Puncak Jaya. Pernyataan Reinhold ini kemudian di dukung oleh banyak pendaki gunung dunia.

Gletser di Puncak Jaya Akan Segera Hilang


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada 2016 lalu menyampaikan bahwa Puncak Jaya akan kehilangan salju dan gletser nya pada tahun 2022. Pernyataan ini berdasarkan perkiraan BMKG yang merujuk pada catatan pengukuran salju yang dilakukan secara rutin, sebagai berikut :

Tahun 2010 : ketebalan es mencapai 31,49 meter
Tahun 2015 : ketebalan es mencapai 26,23 meter
Tahun 2016 : ketebalan es mengalami penipisan hingga tersisa 20,54 meter
Tahun 2020 : perkiiraan es akan hilang sepenuh nya


Gunung Cartenz, Seven Summit World in Indonesian


Ada Fosil Hewan Laut di Puncak Jaya


Ini merupakan salah satu keunikan yang dimiliki Puncak Jaya, yaitu terdapat beberapa fosil hewan laut. Menurut perkiraan Ilmuwan fosil hewan laut ini dapat ditemukan karena dulu Puncak Jaya ini merupakan dasar laut yang muncul ke permukaan hingga menjadi gunung yang disebabkan pergesekan lempeng di dasar bumi dalam waktu yang sangat lama. 

Biaya Pendakian Gunung Indonesia Termahal 


Wajar memang jika pendakian Puncak Jaya menjadi salah satu pendakian termahal, selain karena eksistensi nya begitu tinggi sebagai puncak tertinggi di Indonesia dan masuk daftar 7 Summit World, tidak banyak orang yang bisa menjadi guide di jalur pendakian puncak tertinggi Indonesia ini. 

Dilansir dari Cekaja.com, bahwa untuk biaya pendakian Puncak Jaya sekitar US$ 8.000- 11.000 untuk wisatawan asing dan 30-40 juta untuk wisatawan lokal. Harga 30-40 juta mungkin sebanding dengan  guide yang memandu perjalanan untuk mencapai puncak.

0 Response to "Gunung Cartenz, Seven Summit World Yang Ada dI Indonesia"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel