Pendakian Gunung Dempo 3159 MDPL SumSel Via Kampung IV


Halo sahabat kelana, sudah merasa bosan bukan berada di rumah kurang lebih sudah empat bulan, itu bukan waktu yang singkat tentunya. Eksitensi pecinta alam tentunya tergerak di saat masa pandemi seperti ini, ada rasa ingin kembali berkelana di alam semesta. Kali ini kita akan sedikit me-review sebuah gunung yang ada di kawasan Pagar Alam, Provinsi Sumatra Selatan.


Gunung dempo yang berada di ketinggian 3159 mdpl sendiri terletak di desa Dempio Makmur, kecamatan Pagar Alam, kota Pagar Alam, provinsi Sumatra Selatan. Desa Dempio Makmur sendiri berjarak sekitar 310 km arah barat dari kota Palembang, butuh sekitar 7 jam perjalanan. Sementara dari teminal Pagar Alam menuju jalur pendakian di kampung IV memerlukan waktu sekitar 30 menit.

dempo via kampung 4


Ada kenikmatan tensendiri ketika hendak melakukan pendakian melalui jalur kampung IV. Sebelum sampai di basecamp, para pendaki harus melewati jalanan kerikit dengan sekitarnya hamparan kebun teh yang memanjakan mata tentunya. Biasa para pendaki akan disambut para petani the desa setempat, di kebun the juga para pendaki bisa sambil berfoto ria dengan background kebun teh yang luas

Sesampainya di basecamp, para pendaki diharuskan untuk mendatafkan diri beserta komunitasnya, beserta menitipkan kendaraan yang dibawanya. Selepas melewati fase pendaftaran, pendaki bisa melanjutkan pendakiannya. Sebelum sampai pintu rimba pendaki akan kembali lagi melewati hamparan luas kebun teh. Jarak antara basecamp menuju shelter 1 memerlukan waktu pendakian berkisar 1,5-2 jam perjalanan.

Sesampainya di shelter 1, para pendaki bisa mengambil kebutuhan air. Karena di sana ada sumber air yang jernih, namun pancaran airnya tidak terlalu besar. Di shelter 1 juga ada gubuk untuk berteduh dari panasnya terik matahari atau guyuran hijau. Setelah break sebentar, pendaki harus melakuan perjalan 2-2,5 jam perjalanan menuju shelter 2. Di shelter 2 ada juga sumber air yang bisa digunakan untuk minum. Shelter 2 memiliki lahan yang cukup luas, bisa digunakan untuk bermalam apabila tidak memungkinkan melanjutkan perjalan di malam hari.

Selepas shelter 2, pendaki akan dihadapkan dengan jalur yang terjal dengan hutan yang semakin berkurang vegetasinya dan terus menanjak. Jarang sekali ada lahan landai yang bisa digunakan untuk bersantai ria. Butuh waktu sekitar 3-4 jam perjalan untuk sampai di top dempo. Di perjalanan menuju top dempo, pendaki akan melewati dinding lemari dan kuburan pendaki gunung dempo terdahulu. Top dempo sendiri tidak terlalu lebar dan pemandangannya sedikit tertutup oleh pepohonan. Pendaki diharuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju pelataran gunung dempo, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama berkisar 15-30 menit perjalanan.

https://www.sahabatkelana.com/


Di pelataran gunung dempo lah para pendaki bisa mendirikan tenda, karena luasnya pelataran ini. Di sana juga ada mata air yang bisa diminum untuk kebutuhan memasak pendaki. Kebanyakan para pendaki sampai di pelataran dempo malam hari, karena rata-rata mereka melakukan pendakian di siang hari. Selepas mendirikan tenda, memasak untuk makan malam, canda tawa bersama para pendaki lainnya, para pendaki lebih baik untuk beristiharat untuk melanjutkan perjalan ke top merapi esok.

dempo via kampung 4


Keesokan harinya, selepas shalat subuh para pendaki bersiap-siap untuk melihat indahnya kawah gunung dempo. Perjalanan menuju top merapi tidak terlalu lama dan tidak tertutupi oleh pepohonan. Butuh waktu sekitar 30 menit-1 jam perjalanan untuk mencapai top merapi dari pelataran. Selain dimanjakan dengan kawah dempo yang kadang-kadang berubah, pendaki juga bisa menikmati indahnya sunrise matahari. Kawah gunung dempo memang memiliki varian warna, tergantung rezekinya sih. Di sanalah para pendaki mengabadikan moment ini dengan berfoto selfie, bersama komunitas dan selainnya. Karena dinginnya gunung dempo, tidak banyak para pendaki yang berlama di top merapi. Lepas itu mereka turun menuju pelataran untuk memasak buat makan pagi dan bersantai manja untuk menikmnati keindahan jalur menuju top merapi.


0 Response to "Pendakian Gunung Dempo 3159 MDPL SumSel Via Kampung IV"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel