7 Pantai Favorit DI Pacitan

7 pantai favorit di pacitan

Halo sahabat kelana, Pacitan memang memiliki banyak sekali keindahan alam yang memanjakan mata para pengunjungnya, salah satunya berupa keidangan pantainya. Tidak asing lagi kalau Pacitan memiliki keindahan panorama dalam bidang topografi pantainya. Dengan segudang kekayaan alam yang eksotis menjadikan kota Pacitan seringkali dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan daerah maupun luar daerah.

Pacitan sendiri berada di Barat Daya provinsi Jawa Timur. Pantai yang berada di Pacitan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Kalau berbicara jarak menuju kabupaten ini bisa dibilang lumayan jauh dari Kota Surabaya, bisa mencapai perjalanan selama 5 jam. Namun, dibalik itu semua Pacitan tidak mengecewakan kalau berbicara tentang destinasi alamnya. 

Dengan Geografis yang berbatasan dengan Samudera Hindia, ada beberapa Pantai yang panoramanya membuat mata yang menginjakkan kaki di tanah Pacitan akan terpesona. Inilah beberapa pantai favorit yang ada di kota Pacitan.

1. Pantai Klayar

7 pantai favorit di pacitan

Pantai pertama yang menjadi pantai favorit bagi para pengunjung yang sinngah ke Pacitan adalah pantai yang berada di kecamatan Donorojo, yaitu pantai Klayar. Perjalanan dari kota Pacitan bisa dibilang jauh, dengan jarak kurang lebih 35 km dan membutuhkan waktu perjalanan bisa sampai 1 jam lebih.

Memang perjalanan menjuju pantai ini masih sangat minim dilewati oleh kendaraan, karena pantai ini masih terbilang sangat alami. Jalanan yang berliku, ditambah banyak tanjakan dan turunan yang menjadikan rute jalanan ini ekstrim bagi para pengendara motor ataupun mobil yang hendak berkunjung ke pantai ini.

Keistimewaan panyai ini selain pasirnya yang lembut nan putih, pastih ini juga memilik batu karang yang teksturnya menyerupai Sprink dan air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter.

Gradasi ari laut biru dipandu dengan hijau toska sangat memanjakan mata para penikmatnya. Pantai ini juga mirip dengan tanah lot di Bali dengan kesamaan bebatuan karang yang kokoh dan menjorok ke lautan.

2. Pantai Banyu Tibo

7 pantai favorit di pacitan

Masih dengan kecamatan yang sama yaitu Donorojo. Satu lagi pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai Klayar, yaitu pantai Banyu Tibo. Sangat unik memang nama pantai ini, yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah air yang jatuh. Ada alasan tersendiri mengapa pantai ini dinamakan demikian, karena di tepian pantai ini terdapat air terjun yang tidak terlalu tinngi.

Air terjun yang berada di tepian pantai ini berasal dari sungai kecil yang mengalir di atas tebing. Air dari aliran sungi ini pun jatuh dan bercampur dengan ombak-ombak yang menghantam pasir di pantai Banyu Tibo. Sungguh indah bukan.


3. Pantai Teleng Ria


Selanjutnya pantai yang menjadi favorit wisatawan ketika berkunjung ke Pacitan adalah Pantai Teleng Ria. Ini menjadi pantai terdekat dengan kota pacitan yang berjarak sekitar 3,5 km dengan waktu tempuh perjalanan 15 sampai 30 menit.

Pantai ini mirip dengan teluk karena bentuknya yang menjorok ke laut. Pantai Teleng Ria masuk dalam kawasan pantai selatan dengan pasir putih yang menghampar dengan luas sepanjang 3 km. 

Dengan keindahan pasir putih dan laut yang biru dengan background rangkaiang gunung limo menjadikan pantai ini menjadi pantai favorit bagi para wisatawan. 

Ombaknya pun tidak terlalu besar, sehingga ada tidak perlu khawatir ketika berkunjung bersama keluarga. Dengan itulah para pengunjung bisa bermain di sekitaran bibir pantai bahkan berenag di pantainya sekalipun.

4. Pantai Buyutan

7 pantai favorit di pacitan

Sekali lagi masih dengan kecamatan Donorojo, yaitu pantai Buyutan. Estimasi menuju pantai ini hanya bisa dengan keandaraan pribadi karena tidak adanya transportasi umum menuju ke pantai ini.

Ciri khas dari pantai ini adalah alamnya yang tenang. Hal itu bisa dilihat karena jarang sekali ada wisatawan yang menyempatkan diri ke pantai Buyutan, karena jarak yang lumayan jauh dari kota Pacitan. 

Pantai inipun masih sangat alami dan bersih dengan pasir putih yang lembut. Air yang jernih pun menambah eksotis dari pantai Buyutan.

5. Pantai Karang Bolong


Dibilang kecamatan Donorojo memiliki banyak sekali pantai. Selain pantai yang sudah disebutkan, ternyata masih ada lagi pantai keindahan yang menawan. 

Pantai kali ini berada di kelurahan Sendang, kecamatan Donorojo Pacitan. Sayangnya akses menuju pantai ini belum terlalu sempurna terlebih ketika hujan baru saja turun.

Namun, dibalik akses yang kurang sempurna, pantai ini mempunyai keistimewaan lain berupa tebing-tebing kokoh menjulang ke atas dengan diselimuti tumbuhan-tumbuhan hijau. Letak tebing ini berada di tepi barat dari pantai dan menjorok ke laut. Nampaknya pantai ini mirip sekali dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali.

6. Pantai Srau


Sekarang pindah ke kecamatan Pringkuku, tepatnya di desa Candi. Pantai ini tidak jauh beda dengan pantai klayar, itulah yang menjadikan pantai ini menjadi salah satu pantai favorit di Pacitan. 

Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari kota pacitan, sekitaran 25 km dengan akses jalan yang berkelok-kelok dan jalan yang relatif kecil

Sama seperti pantai-pantai lainnya yang mempunyai ciri khas tersendiri. Adapun ciri khas pantai ini adalah pasir yang putih dan bebatuan yang menjorok ke arah laut. 

Pantai ini dulu pernah dijadikan tempat syuting layarlebar dengan judul Tania yang diperankan oleh aktor Ferly Putra, Wulan Guritno, dan lain-lain.

7. Pantai Watukarung


Pantai yang terakhir yang menjadi favorit para pengunjung berada di kecamatan Pringkuku, di desa Waktu Karung. 

Nama pantai ini sesuai dengan nama desa setempat yaitu Watu karung. Jarak pantai dengan kota Pacitan sendiri sekitar 25-30 km dengan estimasi waktu kurang lebih 1,5 jam

Tidak jauh beda dengan pantai sebelumnya, akses menuju pantai ini terbilang sulit. Para pengunjung diharuskan menggunakan keandaraan pribadi. Dengan jalanan yang berliku, ditambah tanjakan dan turunan akan menemani keandaran para pengunjung ketika hendak ke pantai ini. Apalagi datang selepas hujan turun, mantap sekali..

Dengan ciri khas pasir yang putih dan ombak yang lumayan besar, pantai ini memang cocok untuk dijadikan arena surfing. Tipe pantai ini reef break dan dasar laut berupa batu karang di waktu-wkatu tertentu menambah panorama keindahan bagi para surfer. 

0 Response to "7 Pantai Favorit DI Pacitan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel