4 Tempat Wisata Tawangmangu Yang Wajib Kamu Kunjungi

Halo sahabat kelana, Tawangmangu Jawa Tengah memang memiliki banyak sekali tempat wisata. Daerah di bawah lereng gunung Lawu sangat mendukung untuk menjadi satu alasan mengapa Tawangmangu menjadi rujukan bagi para pengunjung khususnya daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur. Dengan topografi pegunungan, ditambah dengan suhu yang sejuk menjadi satu pertimbangan lainnya untuk menjadikan Tawangmangu menjadi solusi tempat liburan, untuk melepas kepenatan setelah bekerja maupun sekolah.

Sekilas Tentang Tawangmangu


Tawangmangu sendiri adalah sebuah kecamatan di kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Dengan butuh waktu 1 jam dari kota Solo atau 30 menit dari Kabupaten Magetan, pengunjung sudah berada di kecamatan ini. Sejak kolonial Belanda, Tawangmangu memang sudah terkenal akan tempat untuk berwisata. Sepanjang jalan Tawangmangu, pengunjung akan merasakan sensasi jalanan dengan berkelok ditambah udara dingin yang menyambutnya.

Beragam tempat wisata tersedia di Tawangmangu, mulai dari pegunungan, air terjun, danau dan lainnya. Sangat cocok buat liburan keluarga, sendiri, atau bersama sahabat tercinta. Para pengunjung-pun tak perlu khawatir ketika hendak menikmati malam di Tawangmangu, karena di sana sudah banyak vila-vila dibangun untuk memudahkan bagi para keluarga yang hendak melakukan liburan ke daerah Tawangmnagu. Dengan itulah, kami akan menyasikan kepada teman-teman semua beberapa tempat wisata yang sangat rekomended dikunjungi di waktu liburan.

Tempat Wisata Rekomended Tawangmangu:


1. Gunung Lawu


Mengapa kami memulai tempat wisata pertama yaitu Gunung Lawu? Karena dari sekian banyak tempat wisata, gunung lawu menjadi prioritas pertama para wisatawan ketika singgah di Tawangmangu. Gunung lawu sendiri sudah sangat familiar di telinga para pecinta alam, dengan keindahan puncak gunung lawu maupun warung yang sangat terkenal yaitu “Warung Mbok Yem”. Memang gunung lawu hanya bisa dinikmati oleh khalayak kaum muda, namun itu tidak mengurangi eksitensi gunung lawu untuk menjadi tempat wisata yang rekomended bagi para pengunjung.

tempat wisata tawangmangu
https://www.instagram.com/lawumountain/


Apalagi gunung lawu berada di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ketika teman-teman melakukan pendakian melalui jalur Candi Cetho, maka teman-teman memulai perjalanan dari jawa tengah. Baru kalau melalui Cemoro kandang, teman-teman memulai pendakian dari Jawa Tengah. Untuk puncaknya sendiri, puncak gunung lawu berada di kabupaten Jawa Tengah.

2. Bukit Mongkrang


Selain gunung lawu, Tawangmangu juga menyajikan wisata berupa bukit, bukit mongkrang namanya. Tidak jauh dari basecamp cemoro kandang, para pengunjung sudah bisa berada di basecamp buki mongkrang. Keindahan yang disajikan-pun tidak kalah indahnya sama gunung Lawu itu sendiri. Dengan background gunung lawu dan sabana yang terhampar luas menjadi daya tarik tersendiri untuk bewisata di bukit mongkrang. Bukit mongkrang memang banyak dinikmarti oleh para pendaki pemula yang merasa tidak kuat fisiknya kalau disuruh mendaki gunung lawu, dengan ketinggian 2194 mdpl.

https://www.sahabatkelana.com/
https://www.instagram.com/somatighfar/


Biaya masuk yang cukup murah hanya Rp.5000 dan biaya parkir yang Rp.5.000 para pengunjung sudag bisa berkemah di bukit mongkrang. Namun, disarankan untuk tidak bermalam di puncak atau di sepanjang jalur pendakian, karena tidak adanya pohon yang mampu menutupi tenda di saat angin kencang. Cukup setelah posko pendaftaran ada lahan yang juga tidak kalah indah untuk mendirikan tenda di malam hari

3. The Lawu Park


Wisata selanjutnya yaitu the lawu park. Wisata the lawu park masih berada dalam cakupan Tawangmangu, jarak dari basecamp cemoro kandang-pun tidak jauh. Masih dengan konsep pegunungan dan suhu yang sejuk pasti menjadi alasan tersendiri untuk misa memanfaatkan waktu liburan di the lawu park. Wisata ini sangat rekomended untuk teman-teman semua apabila berlibur bersama keluarga, apalagi anak-anak.

Untuk daerah the lawu park bertepatan  Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten karanganyar, Jawa Tengah. Rute menuju wisata ini juga tidak terlalu sulit, teman-teman bisa memulainya dari kota Solo atau Magetan. Jarak yang ditempuh dari kedua kota tersebut tidak sampai 1,5 jam.

https://www.sahabatkelana.com/
https://www.instagram.com/abet_yurigen/


Berbicara fasilitas dan spot yang disajikan, the lawu park mempunyai banyak fasilitas. Ada fasilitas yang gratis, ada juga yang berbayar seperti penginapan. Untuk penginapan sendiri, ada berbagai macam varian harga sesuai dengan falitisan penginapan berikan, mulai dari 300.000 sampai 1.000.000.

4. Air Terjun Grojogan Sewu


Tawangmangu selalu menghadirkan pesona yang sulit didapati di daerah-daerah lainnya. Selian jajaran pegunung dengan wisata gunung lawu dan the lawu park, kini Tawangmangu memberikan pesona indah berupa air terjun. Air terjun Grojogan Sewu namanya. Tempat wisata ini bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kepenatan fisik dan otak setelah melakukan kegiatan yang sangat padat.

https://www.sahabatkelana.com/
https://www.instagram.com/teuku_fahmiy/


Objek wisata ini memiliki lahan yang sangat luas, dengan hutan yang masih alami. Para pengunjung sebelum sampai ke air terjun akan disambut dengan monyet-monyet yang hadir di pinggir jalanan menuju air terjun. Begitu juga sebelum pengunjung sampai ke air terjun, para pengunjung harus menuruni tangga yang sudah didesain dengan rapi. Biaya masuk yang harus dibayarkan oleh pengunjung yaitu Rp.25.000, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam berupa air terjun. Ada fasilitas lain di lahan seluas ini, mulai dari warung makan sate kelinci, musholla, kolam renang anak dan dewasa.

0 Response to "4 Tempat Wisata Tawangmangu Yang Wajib Kamu Kunjungi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel